Cara Memutihkan Gigi Kuning yang Membandel Secara Alami

Banyak cara untuk memutihkan gigi yang kuning membandel dengan bahan alami di sekitar kita. Siapa sih yang tidak ingin memiliki gigi yang putih bersih dan bersinar? Pasti semua orang mendambakannya. Karena dengan memiliki gigi putih bersih dan bersinar akan menambah rasa percaya diri ketika kita berbincang secara langsung dengan orang lain. Apalagi bagi anda yang memiliki pekerjaan sebagai pembicara. Memiliki gigi yang putih bersih selain menambah rasa percaya diri ketika berbincang dengan orang lain adalah nilai tambah. Manfaat yang terpenting dari semua itu adalah gigi yang putih bersih menandakan jika gigi terjaga kebersihannya sehingga sehat dan tidak mudah terkena masalah penyakit gigi, seperti gigi berlubang, karang gigi, plak gigi, karies gigi, gusi bengkak bahkan sariawan. Karena dengan gigi yang bersih dan sehat akan menjaga kesehatan di area dalam mulut juga.

Sebelum membahas mengenai cara memutihkan gigi kuning secara alami ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa aja sih yang menyebabkan gigi menjadi berwarna kuning? Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi berubahnya warna gigi kita yang putih pada awalnya menjadi kuning atau keruh.

  1. Merokok : merokok selain menjadi sumber penyakit paru-paru juga menjadi sumber penyakit pada mulut. Seorang perokok terbukti lebih banyak memiliki gigi dan bibir yang kuning. Akibat dari zat beracun dan nikotin yang terus menerus dihisap masalah dari gigi kuning dan bau mulut menjadi hal yang harus ditanggung si perokok. Karena itu jika ingin memiliki gigi yang putih bersih sebaiknya bagi perokok aktif untuk mengurangi bahkan menghilangkan kebiasan merokok ini.
  2. Minuman kopi dan teh : kopi dan teh memang minuman terpopuler di dunia, karena semua orang pastinya suka minum kopi dan teh. Alangkah baiknya jika minum kedua minuman ini tidak terlalu berlebihan karena zat warna dari kedua minuman tersebut dapat mengakibatkan gigi menjadi kuning karena plak yang tertinggal di gigi. Misalnya 1 hari cukup 1 kali saja kopi dan teh, selebihnya minum air putih yang menyehatkan.
  3. Malas gosok gigi : penyebab utama gigi kuning adalah karena malasnya gosok gigi. Gosok gigi merupakan kegiatan wajib bagi kita semua karena setiap hari makanan dan minuman yang kita konsumsi akan meninggalkan sisa di antara sela – sela gigi dan mulut. Rajinlah menggosok gigi 2 kali dalam sehari, sebelum tidur dan sesudah makan pagi.
  4. Minuman bersoda dan alkohol : kedua jenis minuman ini memang menyegarkan jika sedang suntuk, namun berusalah untuk menghindarinya. Karena minuman bersoda dan beralkohol pastinya memiliki dampak yang negatif bagi kesehatan ginjal dan gigi anda. Berusahalah untuk mengurangi minuman bersoda dan alkohol jika ingin mendapat gigi yang putih bersih.
  5. Makanan manis : permen dan kue merupakan makanan manis yang terbuat dari berbagai bahan. Permen biasanya dibuat dengan zat perwarna yang tidak sehat. Hal ini yang sering mengakibatkan gigi menjadi kuning. Sedangkan kue adalah makanan manis yang mengandung banyak gula. Pastinya buruk bagi kesehatan jika mengkonsumsi dalam jumlah banyak. Kurangi makanan manis tersebut untuk memutihkan gigi yang kuning dengan cepat.

cara cepat memutihkan gigi kuning yang membandel secara alami

Setelah mengetahui faktor yang menyebabkan gigi kuning di atas pastinya sudah tahukan apa saja yang harus dihindari? Nah sekarang saatnya bagaimana cara kita mengatasi masalah gigi kuning yang sudah terjadi. Berikut ini beberapa cara simple dan mudah bisa dilakukan di rumah.

Cara mudah memutihkan gigi kuning secara alami

  1. Biasakan berkumur sebelum dan sesudah makan atau minum apa saja.

Makan dan minum merupakan aktivitas sehari hari yang selau kita lakukan baik di rumah maupun di kantor. Betapa tidak sadarnya anda jika setelah makan atau minum tidak membersihkan mulut dan gigi. Jika sedang berada di kantor sebaiknya biasakan berkumur setelah dan sebelum makan. Hal simple dan mudah ini memang kadang disepelkan oleh semua orang. Akan tetapi jika anda melakukannya sisa sisa makanan dan minuman yang berwarna akan larut saat berkumur. Jangan tunggu sampai malam hari sebelum tidur untuk gosok gigi karena plak yang akan menempel akan lebih sulit dibersihkan.

  1. Menyikat gigi secara teratur setiap hari

Pada umumnya menyikat gigi yang benar adalah 2 kali dalam sehari, yakni setelah habis sarapan atau akan ke kantor dan sebelum akan tidur. Menggosok gigi memang diharuskan untuk menghilangkan plak gigi dan memutihkan gigi yang kuning. Sebaiknya jangan menggosok gigi terlalu sering karena lapisan luar gigi akan terkikis sehingga gigi akan lebih menjadi sensitif. Untuk mengatasi gigi sensitif gunakan pasta gigi yang mengandung flour.

  1. Hindari merokok

Sudah disebutkan di atas rokok merupakan salah satu penyebab gigi kuning. Karena itu untuk memutihkan gigi kuning yang membandel alangkah baiknya anda mengurangi merokok.

  1. Hindari makanan manis

Makanan yang manis seperti permen dan kue merupakan penyebab masalah pada gigi menjadi kuning. Sebaiknya kurangin mengkonsumsi makanan tersebut.

  1. Hindari minum kopi, teh, soda dan alkohol berlebihan

Beberapa minuman ini sangat banyak dikonsumsi oleh setiap orang setiap harinya. Karena itu banyak sekali orang yang tak sadar gigi mereka menjadi kuning karena terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi minuman tersebut.

  1. Menggunakan baking soda

Untuk memutihkan gigi kuning dengan baking soda perlu diperhatikan takarannya karena baking soda bersifat abrasif. Apabila menggunakan baking soda untuk memutihkan gigi kuning secara berlebihan justru akan merusak gigi. Gunakan baking soda untuk memutihkan gigi secara perlahan dengan takaran yang sedikit saja. Caranya :

  • Campurkan sedikit baking soda dengan pasta gigi pada sendok teh
  • Oleskan pada sikat gigi dan berkumur dengan air hangat
  • Gosok gigi secara merata dan jangan terlalu keras
  • Mulailah menggosok gigi pada gigi geraham yang paling belakan terlebih dahulu setelah itu baru gigi bagian depan
  • Berkumur sampai tunas
  1. Memutihkan gigi kuning dengan garam

Siapa sangka garam yang merupakan bumbu dapur dapat digunakan untuk memutihkan gigi yang kuning. Garam memang dapat digunakan untuk membersihkan plak yang menempel pada gigi. Caranya pun cukup mudah seperti menggunakan baking soda pada poin sebelumnya. Anda tinggal mengganti baking soda dengan garam apabila anda takut akan efek samping yang berlebihan dari menggunakan baking soda untuk memutihkan gigi

  1. Memutihkan gigi kuning dengan jeruk nipis

Jeruk nipis memang memiliki banyak sekali manfaat dalam kehidupan kita. Selain sebagai menyedap masakan, menghilangkan amis, merawat wajah jerawat dan rambut sampai memutihkan gigi. Kandungan asam pada jeruk nipis sangat bermanfaat sekali, karena itu anda bisa menggunakannya sebagai pengganti baking soda dan garam. Caranya hampir sama dengan kedua poin di atas. Namun pakailah perasan air jeruk nipis secara langsung tanpa tambahan pasta gigi. Hal ini karena jeruk nipis merupakan bahan alami yang memang tidak memiliki efek samping. Namun perlu diingat lidah akan terasa asam apabila telalu berlebihan, pakailah secukupnya. Selain jeruk nipis bisa juga menggunakan lemon untuk memutihkan gigi kuning secara alami.

  1. Memutihkan gigi dengan siwak

Langkah terakhir yang akan kami berikan adalah menggunakan siwak atau miswak. Siwak sudah digunakan sejak jaman Nabi untuk membersihkan gigi dan mulut. Karena itu bahan alami ini dianjurkan untuk anda yang memiliki gigi kuning. Gunakan siwak sebagai pengganti sikat gigi anda setiap hari. Lakukan secara rutin dan konsisten untuk mendapat gigi putih bersih dengan cepat dan alami.

Nah demikianlah beberapa cara alami untuk memutihkan gigi kuning yang membandel dengan berbagai bahan yang mudah didapat dan dilakukan. Lakukanlah salah satu poin di atas dengan konsisten terlebih dahulu dalam waktu 1 minggu sampai 2 minggu dan rekap hasilnya agar dapat diketahui perbedaan sebelum dan sesudah melakukannya. Semoga info memutihkan gigi ini bermanfaat dan selamat mencoba di rumah. Simak tips kesehatannya lainnya seputar masalah gigi pada postingan selanjutnya hanya di cantikkualami.