Cara Merawat Wajah Berminyak dan Berjerawat Secara Alami

Cara merawat kulit wajah berminyak dan berjerawat secara alami dapat menggunakan masker buah-buahan. Dengan menggunakan masker alami anda tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak untuk melakukan perawatan di salon. Namun kulit wajah yang berminyak perlu juga diketahui masalah penyebabnya. Dalam kasus ini kulit terlalu banyak memproduksi minyak sehingga kulit mudah sekali berminyak meskipun baru saja dibersihkan. Selain mengeluarkan minyak yang terlalu banyak kulit juga akan rentan terkena jerawat. Kenapa demikian? Pasalnya kulit wajah yang berminyak dapat mengikat debu atau kotoran kecil dan menyumbat pori-pori hingga menumpuk. Alhasil pori-pori tersumbat dan proses pembuangan zat dari dalam tubuh yang melalui pori-pori wajah menjadi terhambat. Setelah itu perlahan kulit akan timbul iritasi karena bakteri yang berkembangbiak akibat penyumbatan pori-pori tersebut. Lalu terbentuklah komedo, jerawat sampai perdangan yang serius. Memang untuk jenis kulit yang berminyak ini harus lebih sering membersihkannya agar kulit tetap dalam keadaan bersih dan sehat sehingga tidak timbul jerawat.

Untuk mengatasi masalah kulit berminyak dan berjerawat anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini dan dilakukan dengan rutin agar hasil maksimal.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak dan Berjerawat

  1. Mencuci Muka

Kebiasaan mencuci muka harus dilakukan setiap hari agar kulit tetap bersih dari minyak dan kotoran yang dapat menimbulkan jerawat. Pakailah sabun muka yang cocok untuk jenis kulit berminyak atau pakai sabun bayi yang banyak mengandung moisturizer. Namun jangan sampai mencuci muka terlalu berlebihan, hanya pada saat wajah sudah gerah sekali atau minyak di kulit wajah sudah menumpuk. Karena jika anda sering mencuci muka , akan mengikis lapisan kulit sehingga akan sangat berbahaya jika terkena sinar matahari secara langsung.

Cara Merawat Wajah Berminyak dan Berjerawat Secara Alami

  1. Bersihkan dengan air hangat

Cara lain untuk mengurangi minyak dan jerawat pada wajah yakni dengan air hangat. Ada 2 cara dengan bahan air hangat, yang pertama gunakan uap dari air hangat untuk merelaksasi kulit wajah anda seperti spa wajah. Uap dari air hangat ini akan membuka pori-pori wajah sehingga minyak dan kotoran yang tersumbat akan keluar bersamaan dengan keringat. Karena disaat uap panas ini terpapar pada kulit maka kulit akan merasakan kehangatan dan mengeluarkan keringat. Lakukan spa uap ini selama 15 menit lalu bilas dan bersihkan dengan handuk yang steril. Cara kedua adalah dengan mencampurkan garam laut pada air panas dan gunakan handuk untuk membersihkannya. Celupkan handuk yang steril pada air hangat yang dicampur dengan garam tadi dan usapkan secara perlahan pada kulit wajah agar minyak dapat terserap oleh handuk. Sedangkan fungsi garam adalah untuk mengangkat kotoran dan bakteri yang terjebak pada pori-pori yang berminyak tersebut. Setelah itu bilas dengan air bersih dan rasakan bedanya.

  1. Lebih banyak minum air putih

Air putih wajib bagi anda yang ingin mengeluarkan seluruh racun dan kotoran yang ada di dalam tubuh. Terlebih jika anda memiliki kulit wajah yang berminyak dan berjerawat. Minum air putih setiap hari dengan porsi yang cukup akan membantu melarutkan lemak dan minyak dalam tubuh, sehingga produksi minyak pada kelenjar kulit akan perlahan normal kembali. Selain itu juga air putih berfungsi untuk melembabkan kulit agar jerawat atau peradangan pada kulit cepat sembuh. Karena itulah mulai sekarang jangan remehkan air putih, dan minum cukup air putih setiap hari agar wajah yang berminyak, berkomedo, berjerawat dan kusam dapat sehat dan kencang kembali.

  1. Jaga kebersihan

Untuk anda yang memiliki jenis kulit berminyak maka menjaga kebersihan itu juga menjadi kunci utama agar terhindar dari jerawat. Pasalnya kulit yang berminyak mudah sekali mengikat kotoran dari lingkungan sekitarnya. Hasilnya kulit wajah kotor dan pori-pori tersumbat lau timbullah jerawat.

baca juga : atasi masalah jerawat dan komedo dengan langkah ini!

  1. Olahraga

Tidak kalah pentingnya olahraga juga mampu mengatasi produksi minyak pada kulit. Karena disaat anda berolahraga minyak dan kotoran pada kulit akan dikeluarkan bersama keringat. Sehingga produksi minyak dalam kelenjar kulit menjadi normal dan dengan berolahraga kulit akan lebih sehat dan bugar terhindar dari jerawat.

  1. Masker mentimun dan tomat

Mentimun dan tomat dipercaya dapat mengatasi masalah pada wajah berminyak dan berjerawat dengan ampuh. Karena mentimun memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga dapat melarutkan minyak pada kulit wajah. Sedangkan tomat mengandung vitamin C yang mampu menghilangkan jerawat dalam semalam. Cara menggunakan mentimun dan tomat sebagai masker sangat mudah, yakni iris tipis – tipis mentimun dan tomat lalu jadikan beberapa irisan secukupnya untuk wajah. Tempelkan dan diamkan selama kurang lebih 30 menit lalu bilas dengan air bersih. Selain itu getah pada mentimun dan mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas untuk mencegah terjadinya kanker kulit. Dengan mentimun kulit wajah anda akan sehat dan kencang lagi.

  1. Jeruk nipis

Untuk wajah yang berjerawat perawatan dengan masker jerup nipis pastinya tak asing lagi. Jeruk nipis kaya akan vitamin C yang dapat membantu membunuh kuman dan bakteri penyebab jerawat dan komedo. Selain itu juga dapat memutihkan kulit anda loh. Gunakan jeruk nipis sebagai masker sebelum tidur dengan cara iris tipis-tipis jeruk nipis dan tempelkan pada wajah lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit lalu bilas dengan air bersih. Sangat mudah bukan cara merawat dan mengatasu kulir wajah berminyak dan berjerawat dengan jeruk nipis.

baca juga : cara memutihkan wajah dengan cepat dan aman

  1. Daun seledri

Cara selanjutnya untuk merawat dan mengatasi wajah berminyak dan berjerawat adala dengan daun seledri. Tak disangka kan daun seledri kaya akan kandungan vitamin yang dapat membantu meregenerasi sel kulit serta mengatasi jerawat. Cara menggunakannya adalah dengan merebus daun seledri secukupnya sampai mendidih, lalu dinginkan sejenak. Setelah itu pakailah untuk mencuci muka secara merata dan diamkan selama 5 menit agar vitamin dapat meresap pada kulit, setelah itu bilas dengan air bersih. Cara ini dilakukan sebelum tidur tentunya setelah seharian beraktivitas.

  1. Masker tanah liat

Pernah mendengar bukan masker yang berasal dari tanah liat? Jika belum pernah ada bisa mencoba mencari di supermarket masker yang terbuat dari tanah liat. Ya, tanah liat dapat digunakan sebagai masker untuk mengatasi wajah berminyak dan berjerawat, karena sangat menyejukkan. Anda bisa menggunakan tanah liat sendiri atau membeli masker yang sudah diproses. Tidak sembarang tanah liat loh, pastinya tanah liat yang terhindar dari kontaminasi limbah pabrik dan harus diambil dari lingkungan yang sehat.

  1. Putih telur

Telur merupakan sumber protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, baik dari kuning telur ataupun putih telur. Namun untuk merawat wajah berminyak dan berjerawat menggunakan putih telur tentunya. Karena putih telur tidak mengandung lemak yang tinggi seperti kuning telur. Cara menggunakannya sebagai masker adalah dengan memisahkan putih telur dari kuning telur dan tempatkan pada wadah. Kemudian aduk sampai berbusa dan oleskan secara merata pada wajah yang berminyak dan berjerawat. Tunggu hingga kering dan diamkan selama kurang lebih 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

baca juga : hilangkan noda hitam atau flek hitam dengan ini!

Demikianlah beberapa cara merawat dan mengatasi kulit wajah berminyak dan berjerawat secara alami yang bisa kami sampaikan untuk anda pada kesempatan kali ini. Semoga informasi kecantikan ini dapat bermanfaat dan membantu mengatasi masalah kulit anda. Simak tips kecantikan selanjutnya di cantikkualami.com dengan topik yang berbeda, selamat mencoba di rumah.


loading...